• English
  • Indonesia

Masyarakat & Lingkungan

CARA OPERASIONAL

Program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) PGN dirancang untuk menyentuh kepentingan-kepentingan utama para pemangku kepentingan sehingga memberikan berbagai manfaat seiring dengan pertumbuhan Perusahaan.

  1. Membantu memberdayakan masyarakat dan lingkungan, terutama di sekitar wilayah operasi PGN.
  2. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan sekitarnya.
  3. Meningkatkan pemahaman publik terhadap PGN dengan menginformasikan tentang kegiatan sosial dan masyarakat yang dijalankan oleh Perusahaan.
  4. Mendukung efisiensi kegiatan operasional Perusahaan dengan dukungan Unit/Area/Distrik terhadap Program TJSL.
  5. Membangun empati antara masyarakat dan PGN.
  6. Menciptakan citra positif bagi PGN.
  7. Meningkatkan nilai Perusahaan dengan membangun reputasi yang baik.


Misi TJSL Perusahaan adalah:

• Berkontribusi aktif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat;
• Berkontribusi aktif dalam mendidik masyarakat melalui program pendidikan;
• Berkontribusi aktif dalam melindungi lingkungan.

Implementasi semua program TJSL disesuaikan dengan hasil temuan analisis dampak lingkungan (AMDAL) serta Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UKL-UPL) yang dilaksanakan sebelum pembangunan tiap rute jaringan pipa transmisi dan distribusi.

Setelah pembangunan jaringan transmisi dan distribusi, PGN memantau dampak jaringan-jaringan tersebut terhadap lingkungan. Pemantauan umumnya difokuskan pada kualitas udara, air, dan tanah serta tingkat kebisingan yang harus berada di bawah batas yang ditentukan dinas terkait.

Laporan pemantauan diserahkan tiap semester pada dinas-dinas terkait yaitu Lingkungan, Bapedalda, dan Migas.

Kegiatan operasional PGN tidak secara langsung menghasilkan limbah keras dan cair atau emisi yang membahayakan lingkungan. Meskipun demikian, sesuai ketentuan AMDAL dan UKL/UPL, PGN memonitor kualitas tanah, air dan udara serta tingkat kebisingan berdasarkan parameter standar kualitas yang telah ditentukan. Hasilnya menunjukkan bahwa kualitas tanah, air dan udara secara konsisten berada di bawah batas yang telah ditentukan.

Kembali ke Atas