• English
  • Indonesia

News

LATEST NEWS

24

02

2017

Cara PGN Prioritaskan Pelanggan dari Kalangan Industri

Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) terus memanjakan pelanggan setianya. Pelanggan tersebut yakni dari kalangan industri.

"Kami memberikan apresiasi kepada mitra strategis PGN yang sudah menjadi pelanggan gas bumi PGN yang setia," ujar Danny Praditya, Director Commerce PGN.

Danny mengatakan itu pada acara Temu Pelanggan PGN, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (23/2/2017). Menurut Danny, pelanggan tersebut diberi solusi dengan nama PGN 360. PGN 360 yakni bagian dari upaya PGN untuk tidak hanya menjual energi baik gas bumi tetapi juga business sustainability kepada pelanggan.

Danny mengungkapkan, saat ini PGN di Jawa Timur memasok gas bumi ke 26.676 pelanggan. Rinciannya yakni area Surabaya melayani 19.334 pelanggan, Sidoarjo 6.866 pelanggan dan Pasuruan 476 pelanggan. Volume penyaluran gas bumi sebesar 130 billion british thermal unit per day (BBTUD).

Untuk nasional, PGN telah memasok gas bumi ke 1.652 industri besar dan pembangkit listrik, 1.929 pelanggan komersial (hotel, restoran, rumah sakit) dan Usaha Kecil Menengah (UKM), serta 204 ribu pelanggan rumah tangga. Pelanggan PGN tersebar di berbagai wilayah mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara dan Sorong Papua.

Dalam acara tersebut, PGN juga menganugerahkan kepada 18 pelanggan sebagai pelanggan loyal yang secara berkelanjutan setia menggunakan gas bumi PGN. Di tengah persaingan bisnis hilir gas bumi, mereka tetap mempercayakan layanan gas buminya kepada PGN.

"Kami sangat menghargai ke-18 mitra kami karena turut serta dalam menyukseskan penyerapan gas bumi Jawa Timur dan selalu setia menggunakan gas bumi PGN dimana mereka dapat meningkatkan daya saing produknya," kata Danny, dalam keterangan tertulisnya.

Di Jawa Timur, konsumsi gas bumi ke pelanggan mampu dipertahankan sebesar 130 billion british thermal unit per day (BBTUD). Danny menegaskan, ke depannya PGN akan terus berkomitmen mengembangkan jaringan infrastruktur gas bumi di wilayah Jawa Timur dan daerah lainnya.

Tahun ini PGN dalam proses penyelesaian beberapa infrastruktur baru seperti pipa distribusi Gresik - Lamongan - Tuban sepanjang 141 km. Untuk meningkatkan kehandalan pasokan, PGN juga sedang menyelesaikan stasiun penerima dan pembagi semare untuk dapat menyalurkan gas bumi dari Husky ke wilayah Pasuruan dan Jawa Timur.

"Jawa Timur merupakan salah satu daerah yang terus kami genjot pembangunan infrastrukturnya. Selain itu, PGN juga aktif membuka pasar baru pengguna gas bumi, agar semakin banyak masyarakat yang menikmati hematnya menggunakan gas bumi dibanding bahan bakar lainnya," kata Danny.

Saat ini pipa distribusi PGN di Jawa Timur tersebar di Surabaya sepanjang 552 kilometer (km), di Sidoarjo sepanjang 404 km dan Pasuruan mencapai 199. Total mencapai 1.156 km dibandingkan tahun sebelumnya sekitar 996,15 km.

"Infrastruktur pipa gas PGN di Jawa Timur meningkat 16 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Secara nasional pipa gas PGN total mencapai lebih dari 7.278 km, jumlah ini setara dengan 80 persen jaringan pipa gas bumi hilir di seluruh Indonesia," tutup Danny.

Back to Previous Page

Back to Top