Produk & Layanan Kami

Sinergi memberikan solusi energi yang aman dan handal melalui layanan terbaik bagi Pelanggan Komersial dan Industri dengan akses informasi dan transparansi pemakaian gas bumi.

 

Kami menghadirkan beragam macam pilihan bagi pengguna sektor ini sebagai sumber penggerak roda kegiatan usahanya seperti pembangkit listrik, bahan bakar pada proses pemanasan dan pengeringan, ketel uap, tungku pengering, oven dan banyak aplikasi.

DOWNLOAD

Kalkulator Listrik

Kalkulator Boiler

Ketentuan Umum


Penjelasan dalam Ketentuan Umum mengatur mengenai syarat-syarat dan ketentuan pelaksanaan penyerahan Gas yang harus dipatuhi dan mengikat secara hukum bagi PGN dan Pelanggan.

KLIK DISINI
TIPS ENERGI BAIK
e-brochure
 
 
Apa Kata Mereka ?v

Ir. Husen Sastrawijaya

Kepala Bagian Teknik
PT Wonosari Jaya Surabaya, Surabaya

“Ketersediaan yang rutin karena disalurkan melalui pipa transmisi, sehingga penyaluran gas bisa secara rutin dan continue menjadi alasan kami menggunakan Gas Bumi PGN. Gas Bumi PGN menjadi pilihan kami sejak tahun 1998 yang kami gunakan sebagai bahan bakar kebutuhan boiler, kemudian juga untuk furnace, peleburan seng, patenting dan proses lainnya.”

Agus Prabowo

Chief Engineer
Mercure Fran Mirama Hotel, Surabaya

“Kami menggunakan gas bumi PGN sejak tahun 2007 karena memang banyak kelebihannya, dibandingkan sebelumnya kami menggunakan LPG. Dengan menggunakan gas bumi PGN untuk proses memasak dan juga laundry, kami menjadi lebih irit, lebih mudah dan lebih minimal untuk (biaya) operasional.”
Frequently Ask Question
  • Pengisian Formulir Registrasi

    Formulir Registrasi dapat diperoleh dengan cara sebagai berikut:

    • Menghubungi Petugas PGN (Sales Person).
    • Menghubungi PGN Contact Center.
    • Mengisi secara online dan mandiri di website PGN.

    Adapun pengisian Formulir Registrasi dapat dilakukan setelah Calon Pelanggan (Capel) membaca dan menyetujui seluruh Ketentuan Umum Berlangganan Gas Bumi PGN. Setelah pengisian, Capel melengkapi kelengkapan dokumen registrasi yang dibutuhkan.

  • Pelaksanaan Survey Lokasi

    PGN akan melakukan pre-verifikasi terhadap kesesuaian data setelah menerima Formulir Registrasi. Bila lolos, PGN akan menghubungi Capel untuk pelaksanaan survey lokasi dan mendiskusikan kebutuhan penggunaan gas.

  • Penyiapan Administrasi Berlangganan

    Bila pemeriksaan aktual di lapangan telah sesuai, PGN akan melakukan validasi dengan penerbitan Bukti Registrasi yang menginformasikan kewajiban administrasi yang harus diselesaikan oleh Pelanggan diantaranya Biaya Jaminan Pembayaran dan Biaya Pemasangan Pipa Instalasi Dalam (sesuai dengan ketentuan yang berlaku).

  • Penyiapan Infrastruktur Gas

    Setelah pemenuhan kewajiban administrasi telah dilakukan oleh Capel selanjutnya PGN akan menerbitkan Bukti Berlangganan Gas (BBG) dan pembangunan infrastruktur Gas dapat dilakukan.

  • Pelaksanaan Gas In

    PGN akan melakukan pengaliran Gas (Gas In) pertama kali ke Pelanggan di titik penyerahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di PGN dan dituangkan ke dalam Berita Acara Gas I

Pelanggan Komersial dan Industri (KI) adalah kelompok Pelanggan yang menggunakan gas sebagai bahan bakar dan/atau bahan baku dalam kegiatan usahanya yang terbagi atas 3 kelompok yaitu KI-1, KI-2 dan KI-3.

  • Komersial dan Industri 1 (KI-1) adalah kelompok Pelanggan Komersial dan Industri yang menggunakan gas dengan pemakaian minimum gas per bulan di atas maksimum PK-2 sampai dengan 500.000 m3/bulan.
  • Komersial dan Industri 2 (KI-2) adalah Kelompok pelanggan Komersial dan Industri yang menggunakan gas dengan pemakaian minimum gas per bulan 500.001 m3/bulan sampai dengan 3.500.000 m3/bulan.
  • Komersial dan Industri 3 (KI-3) adalah kelompok pelanggan Komersial dan Industri yang menggunakan gas dengan pemakaian minimum gas per bulan 3.500.001m3/bulan.

Pelanggan dikenakan perhitungan pembayaran pemakaian Gas per Bulan sebesar Jumlah Gas terpakai dikalikan dengan harga Gas yang berlaku.Bila pemakaian di bawah minimum kontrak maka perhitungan pembayaran sebesar volume minimum dikalikan dengan harga Gas yang berlaku.Bila pemakaian di atas maksimum kontrak maka akan dikenakan harga Gas sesuai dengan ketentuan yang berlaku atas kelebihan pemakaian Gas tersebut.

Informasi pemakaian gas setiap bulannya dapat diperoleh mulai tanggal 5 (lima) s.d. 20 (dua puluh) melalui PGN Contact Center, aplikasi PGN Mobile atau website PGN.

Pelanggan dapat melakukan pembayaran mulai tanggal 6 (enam) dan paling lambat tanggal 20 sudah diterima di rekening PGN. Pembayaran rekening Gas dapat dilakukan melalui fasilitas Teller Bank Mandiri, ATM Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN dan BCA, PPOB (Payment Point Online Bank) dan Indomaret.

Mengingat keamanan dalam penggunaan gas bumi adalah hal yang utama, maka setiap rencana perubahan dan/atau penambahan atas pipa instalasi yang terpasang di tempat Pelanggan perlu melaporkan kepada PGN untuk memastikan bahwa seluruh pekerjaan baik material maupun konstruksi telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan standar keamanan dan keselamatan yang berlaku.

Anda Butuh Bantuan?

Untuk mendapatkan bantuan dan layanan PGN cukup menghubungi

PGN Contact Center 1-500 645 atau email contact.center@pgn.co.id

​"KAMI PERUSAHAAN GAS NEGARA"